Wednesday, April 27, 2016

Misteri Rumoh Geudong

Rumoh Geudong terletak di Desa Billie Aron, Kecamatan Geulumpang Tiga, Kabupaten Pidie, atau berjarak 125 KM dari Pusat Kota Banda Aceh. Menurut Alkisah dari penuturan Ahli waris Rumoh Geudong dibangun pada tahun 1818 oleh Ampon Raja Lamkuta, Putera seorang hulubalang yang tinggal di Rumoh Raya sekitar 200 meter dari Rumoh Geudong.


Pada masa penjajahan rumah tersebut dijadikan tempat untuk mengatur strategi perang yang diprakasai oleh Raja Lamkuta bersama dengan rekan - rekan seperjuangannya. Sebelum Rumoh Geudong digunakan sebagai Pos Militer ( Pos Sattis ) Sejak April 1990.

Masih menurut penuturan ahli waris, penempatan sejumlah personal aparat militer pada saat itu hanya sementara, tanpa sepengetahuan pemiliknya. Sebenarnya pemilik Rumoh Geudong merasa keberatan.

Akan tetapi karena Anggota Kopassus yang terlanjur menjadikan rumah tersebut menjadi pos militer sekaligus sebagai rumah tahanan dan tidak mau pindah lagi. Baru pada tahun 1996, dibuatlah surat pinjam pakai rumah yang ditandatangani oleh Muspika setempat, tanpa ada tanda tangan pemilik rumah.

Rumoh Geudong juga terkenal angker karena dihuni oleh makhluk halus, sehingga para aparat yang bertempat di situ sering diganggu. Cerita tentang adanya sebuah peti mati yang berisikan kain kafan yang berlumuran darah di Rumoh Geudong cukup membuat mistis para penghuninya.

Dari sebuah peti mati tersebut sering keluar makhluk halus yang berwujud harimau. Menurut penuturan dari ahli waris pemilik Rumoh Geudong, kain kafan tersebut milik nenek dari hulubalang yang meninggal dunia akibat diperlakukan secara kejam oleh Belanda.

Gangguan yang sering dirasakan seperti ketika saat tidur di bagian rumah atas, secara tiba - tiba diturunkan ke bagian rumah bawah. Dan pada tahun 1992 sempat juga terjadi penembakan yang dilakukan oleh seorang anggota kopassus yang menembak mati temannya sendiri karena dia bermimpi di datangi oleh harimau yang menyuruhnya menembak temannya itu.


No comments:

Post a Comment

" Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, berkomentar yang sopan mencerminkan nilai luhur budaya bangsa "

NEW PROMO

INFORMASI

SHARETHIS

CATEGORIES

Pengunjung Online