Saturday, April 30, 2016

Pakaian Adat Aceh

Pakaian tradisional Aceh biasa disebut Ulee Balang. Pakaian tersebut biasanya digunakan para Raja ataupun keluarganya.


Pakaian Adat Aceh umumnya berwarna hitam untuk pria. Menurut masyarakat Aceh warna hitam menggambarkan kebesaran. Saat seorang warga Aceh menggunakan Pakaian Adat Aceh berwarna hitam, maka orang tersebut dianggap sedang menggunakan pakaian kebesaran.

Dalam acara - acara khusus seperti acara perkawinan, setiap laki - laki Aceh harus menggunakan pakaian dengan warna hitam baik baju atau celana. Tidak boleh menggunakan pakaian dengan warna lain. Akan tetapi bila dalam acara - acara biasa diperbolehkan menggunakan warna lain sesuai dengan selera kita tentunya.

Bagian - bagian dalam Pakaian Adat Aceh untuk laki - laki.
Terdiri dari beberapa bagian dan aksesoris, 1. Baju disebut Bajee untuk pria berwarna hitam, lengan panjang, dan kerahnya seperti kerah china dengan sulaman berwarna emas, 2. Celana disebut siluweu atau luweu, berwarna hitam dan terbuat dari katun, 3. Kopiah atau disebut Kupiah Meukeutop warnanya bermacam - macam dan bentuknya lonjong ke atas, 4. Kain Sarung atau disebutnya Ija Krong dililitkan kepinggang sebatas 10cm di atas lutut, 5. Rencong adalah senjata tajam Khas Aceh diselipkan kepinggang bagian depan, kepala Rencong harus menonjol keluar atau disebut juga Rencong Meupucok.

Bagian - bagian dalam Pakaian Adat Aceh untuk perempuan.
1. Baju atau Bajee menggunakan warna merah atau kuning, umumnya berwarna merah. Bajunya berbentuk baju kurung berlengan panjang, 2. Celana atau siluweu umumnya berwarna hitam, 3. Sarung atau Ija Krong penggunaanya diturunkan kebawah lutut, 4. Perhiasan dan pernak - pernik yang digunakan sangat banyak , penggunaanya dari ujung kepala sampai ujung kaki. Perhiasan yang digunakan antara lain : Tusuk Sanggul, Mahkota atau Patham Dhoi, Anting, Gelang, Kalung, dan berbagai macam pernak - pernik Khas Aceh. Biasanya yang paling menonjol adalah mahkota di bagian kepala yang cukup besar dan tinggi, serta kalung - kalung yang ukurannya besar - besar dan terbuat dari emas asli atau imitasi.

No comments:

Post a Comment

" Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, berkomentar yang sopan mencerminkan nilai luhur budaya bangsa "

NEW PROMO

INFORMASI

SHARETHIS

CATEGORIES

Pengunjung Online