Saturday, April 30, 2016

Batik Aceh

Saat kita mengunjungi Kota Aceh, tidak ada salahnya membeli Cenderamata Batik Khas Aceh. Untuk Motif Batik Aceh memiliki ciri Khas tersendiri, yaitu menggunakan perpaduan unsur alam dan budaya dari masyarakat aceh sendiri.


Untuk warna yang dominan dalam Batik Aceh adalah warna cerah, seperti warna merah muda, merah, kuning, hijau, dan lain - lain. Sehingga kain batik akan terlihat cerah dan glamor. 

Dalam Motif Batik Aceh mengandung makna falsafah kehidupan yang menjadi kearifan lokal dan pedoman hidup masyarakat aceh. Motif - motif Batik Aceh yang terkenal diantaranya adalah Motif Pintu Aceh, Bunga Jeumpa, Motif Tolak Angin, Rencong, Awan Berarak, Awan Meucanek, Gayo, Pucok Reubong, dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa corak Motif Batik Aceh diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Motif Batik Aceh Pintu Air.

Motif tersebut melambangkan kepribadian orang aceh, pada umumnya rumah adat di Aceh memiliki pintu yang rendah. Rakyat aceh memiliki tabiat dan adat istiadat tidak mudah terbuka pada orang asing namun bisa menjadi sangat baik bahkan dianggap seperti saudara kandung bila sudah saling mengenal.

2. Batik Aceh Motif Bungong Jeumpa.

Bungong Jeumpa atau istilah lainnya Bunga Kantil, banyak di temukan di daerah aceh karena jumlahnya banyak serta memiliki bentuk yang indah. Pada masyarakat aceh motif tersebut sering digunakan sebagai busana formal ataupun nonformal. Motif Bungong Jeumpa merupakan motif aceh yang bernuansa natural dan alam. Sesuai dengan tradisi masyarakat Aceh, Batik Aceh di sesuaikan sesuai dengan hukum syariat yang diterapkan. Pada batik perempuan dengan model panjang dan longgar

3. Batik Aceh Motif Rencong.

Motif Rencong ini diambil dari senjata tradisional masyarakat aceh. Rencong adalah senjata tajam seperti belati, tetapi berbeda seperti pisau dan pedang, jika di sumatra berbentuk seperti huruf L Masyarakat Aceh mempercayai bahwa bentuk Rencong dapat mewakili dari bentuk simbol bacaan Basmallah. Populernya senjata Khas Aceh tersebut sehingga Aceh sering disebut dengan nama Tanah Rencong.

No comments:

Post a Comment

" Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, berkomentar yang sopan mencerminkan nilai luhur budaya bangsa "

NEW PROMO

INFORMASI

SHARETHIS

CATEGORIES

Pengunjung Online